Selasa, 05 Oktober 2010

DAYA LENTING LINGKUNGAN

Kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang jika mengalami perubahan bahan atau gangguan.Dengan demikian,lingkungan mampu menanggulani perubahan selama perubahan tersebut masih dalam daya dukung dan daya lenting lingkungan.
 Keseimbangan lingkungan dapat merusak artinya lingkungan menjadi tidak seimbang jika terjadi perubahan lingkungan yangmelebihi daya dukung dan daya lentingnya. Perubahan lingkungan dapat terjadi karena alam maupun aktivitas manusia.Perubahan lingkungan yang deisebabkan oleh manusia dan berakibat pada alam misalnya:penebangan hutan.
Penebangan hutan secara besar besaran mengakibatkan fungsi hutan sebagai penahan air hujan akan berkurang. Hilangnya pohon pohon dapat mengakibatkan tidak adanya perakaran yang dapat menahan air hujan. Akibatnya hanya sedikit air yang terserap oleh tanah sebagaian besar air akan mengakibatkan tanah longsor dan banjir.
Banjir lumpur panas Sidoarjo Jawa Timur merupakan kasus menyemburnya lumpur panas yang diduga diakibatkan oleh aktivitas penyeboran untuk eksplorasi gas. Semburan lumpur tersebut menurut data dari pert6ama kali mencapai volume 5000 meter kubik perhari. Kemudian meningkat menjadi 40.000 meter kubik perhari,dan sekarang ini mencapai 135.000 meter kubik perhari.Seju7mlah upaya telah dilakukan untuk menanggulangi luapan lumpur.
Diantaranya dengan membuat tanggul untuk membendung area gerang lumpur,namun tanggul akhirnya Jebol. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan,kerugian oleh banjir lumpur panas tersebut mengakibatkan produksi tampak pada lahan seluas 989 hektar didua Kecamatan dan 1600 hektar dipesisir Sidoarjo mengalami kegagalan panen,sehingga kerugian diperkirakan mencapai 10.9 milyar per tahun.
Kegiatan manusia mengubah lingkungan di lakukan karena adanya kebutuhan hidup. Kebutuhan ini akan menjadi semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah bpenduduk. Upaya pemenuhan kebutuhan manusia dipengaruhi oleh perkembangan budaya.
Ilmu pengtetahuan dan teknologi sebagai hasil perkembangan budaya digunakan untuk mengembangkan berbagai industri yang dapat memenuhi kebutuhan manusia antara lain sebagai berikut:
  1. Industri Primer : merupakan kebutuhan dari alam secara langsung,seperti:pertambangan,perkebunan,kelautan,kehutanan.
  2. Industri Sekunder:mengolah hasil indusrti primer seperti:makanan,industri tekstil,industri kertas,dan industri logam
  3. Industri Tersier:menghasilkan jasa atau pelayanan seperti:informasi dan komunikasi,transportasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar