Selasa, 12 Oktober 2010

Syarat syarat Kamar Mandi yang sehat

  1. Kamar mandi harus mempunyai dinding dan pintu sehingga orang yang mandi tidak terlihat dari luar.
  2. Kamar mandi mempunyai atap sehingga terlindung dari panas dan hujan.
  3. lantai kamar mandi dibuat dari bahan yang tidak tembus air.Umpamanya lantai semen atau papan yang tahan air yang disusun rapat karena lantai yang demikian:mudah bersih,tidak terjadi genangan air,air tidak meresap ke dalam tanah dan mengotori sumber air bersih bila sumber air bersih berada di dalam atau dekat dengan kamar mandi.
  4. Lantai mudah di bersihkan dan mudah kering.Oleh karena itu,lantai di buat rata dan agak miring ke saluran air sehingga tidak ada air yang tergenang.
  5. Cahaya matahari dapat masuk kedalam kamar mandi.Cahaya matahari berguna mematikkan kuman kuman yang ada di kamar mandi.Cahaya juga membuat kamar mandi tidak menjadi lembap.Sebaiknya,cahaya masuk secara langsung.oleh karena itu,hal ini harus diperhatikan dalam penentu letak jendela kamar mandi.Bila hal itu tidak mungkin dilakaukan,cara lain ialah dengan memakai plastik yang tembus cahaya atau membuka beberapa genting pada siang hari.
  6. Kamar mandi harus mempunyai ventilasi yang cukup untuk pertukaran udara sehingga tidak berbau dan tidak ada air yang tergenang.
  7. Lubang pembuangan air kotor letaknya lebih rendah sehingga tidak ada air yang tergenang.
  8. Bila memakai sumber air sumur yang letaknya di dalam kamar mandi,sekeliling mulut sumur harus di beri dinding.Dinding dapat di buat dari semen,tong bekas,atau papan tanah air.Dinding itu berguna untuk keamanan dan mencegah air kotor masuk kembali ke dalam sumur.
  9. Bila jamban berada di dalam kamar mandi,letaknya harus lebih tinggi daripada lubang saluran air  kotor.
  10. Kamar mandi hendaknya di beri lampu untuk penerangan.

3 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya. Kalau boleh tau, sumber syarat kamar mandi sehat ini dari mana ya? Karena saya butuh sumbernya untuk skripsi. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus